Sabtu, 22 September 2018

Fitrah Seksualitas #day2

Resume kel.5

✋ Materi ✋

✋Sesi Tanya Jawab✋

☝ IkhwatunNisa

Menurut data KPAI tahun 2017 bahwa kasus LGBT adalah kasus terbesar kedua di indonesia kan, berarti sudah banyak sekali orang yg terkena kasus LGBT ini, jadi *Bagaimana Cara  melindungi dan menjaga anak2 kita dari orang2 LGBT yang bisa kapan saja mereka temui di lingkungan sekitarnya? Bagaimana tanggapan dari kelompok 5. Terima kasih*

👍 Tentu saja fitrah seksualitas dan fitrah individualitas mereka harus dididik dan ditumbuhkan dengan sebaik baiknya melalui kelekatan yang mendalam bersama para orangtuanya sejak tahapan usia 0- Aqilbaligh di usia 15 tahun. Bonding time saat membersamai anak-anak yang baik dari ayah dan ibu inilah yang kelak menumbuhkan fitrah seksualitasnya dengan sempurna dan berjalan sebagaimana perannya nanti saat dewasa.

Cara melindungi dari LGBT

1. bangun kedekatan dengan anak, karena dengan hubungan yg dekat dgn anak, insyaAllah anak akan terbuka & mau sharing sama kita.

2. hentikan kesalahan pengasuhan mulai saat ini, seperti mengancam kosong, labelling, dll karena ini bisa membuat kita menjadi orang tua yg inkonsisten di depan anak. Resiko nya jika ttp melakukan kesalahan pengasuhan : kata2 kita ngga ada artinya di mata anak (anak ngga percaya sama kita)

3. tumbuhkan rasa cinta kepada Allah dengan senantiasa menumbuhkan syukur.. dengan syukur maka akan tumbuh ketaatan, dengan sendirinya anak akan patuh pd aturan Allah

4. melakukan briefing/roleplaying, bagaimana sikap yg perlu kita tunjukkan kepada orang yg terkena penyimpangan seksual.. ini bisa disesuaikan dgn keluarga masing2.. jika merasa tidak bisa membantu, maka lebih baik dihindari drpd terpengaruh.. namun ttp ajarkan menghindar/menolak dengan cara yg sopan & ttp saling menghormati

☝ Yessi

Mau tanya mbak, anak saya 5,5 tahun baru punya adik mulai tanya tentang kehamilan, sampai akhirnya *"gimana bisa ada dede di perut mama? Afham tuh bingung koq bisa ada dede di perut mama.."*

Waktu itu karena masih bingung sy jawabnya karena Allah kasih 😆, nanti kita sama2 baca di buku yaa, trus abis itu lupa. *Gimana cara jawab yang benar ya mbak?*

👍 untuk anak usia 5.5 tahun kayanya belum perlu dijelaskan mengenai proses reproduksi ya.. mungkin bisa melalui cerita aja bahwa anak itu hadir dari pernikahan mama & papa.. mama & papa mengundang adik utk hadir & Allah mengizinkannya maka Allah mengizinkan mama utk hamil..

karena adik kita ini adalah undangan, maka kita perlu sambut & jaga trs dgn baik ya (nah dr sini bisa mulai fokus ke penyambutan adik aja) ngga perlu fokus ke proses pembuatan nya (dulu)._ *sumber : buku EP

Pada tahap ini anak-anak belum bisa membedakan antara imajinasi dan kenyataan, oleh karena itu perlu sangat berhati-hati dengan apapun yang kita katakan dan kita lakukan. pikirkan dan rencanakan sungguh-sungguh jawaban atas pertanyaan mereka karena akan terserap masuk ke pikiran bawah sadar. *sumber buku: EP

✒ Dimengerti mbak Dini, makasih banyak yaa kelompok 5 😘😍

Pengalihan pembahasan ke merawat dede sy rasa akan berhasil, karena anak umur segini masih mudah teralihkan ya.. Waktu kejadian itu lagi di perjalanan, pas mentok sy alihkan liat pemandangan dan berhasil 😆

✔✔✔✔✔

▶ ishfi Matriks: mba mau nanggepin. gimana kalo misal tetiba ditanya anak, terus kita gatau jawabannya terus kita panik😱 daripada salah ngomong yekan,, mau nanya dulu misal ke temen2 bunsay.
BIlang ke anaknya gimana ya mba?

👍 oke kalau gtu santai aja.. control response kita dgn tetap tenang, sambil bilang : ooo mama belum tau jawabannya, kita catet yuk pertanyaannya nanti kita cari jawabannya sama2 ya..

kita itu ngga perlu jadi mr/mrs know it all yg tau semua jawaban dr pertanyaan anak.. saat2 tertentu kita bisa cari jawaban bareng2.. atau utk anak dgn usia lebih dewasa bisa nanya : menurut kamu gimana?

✔✔✔✔✔

☝ yeni⁩ 

Bagaimana memberikan pengertian ke anak jika lingkungan kebanyakan anak perempuan sedangkan anak sy laki2...karena pengaruh lingkungan sangat kuat yang dimana si anak selalu ikut main k anak2 perempuan tsb

👍 1. kita perlu buat aturan yg jelas di keluarga, mengenai permainan apa yg boleh & tidak boleh dilakukan bersama teman perempuan. Misalnya : main dandan2an, main makeup2an dll. Yg boleh main apa dong : contoh main sepeda bareng, main permainan tradisional dll

2. kalau aturan udah fix, jelaskan ‘why’ nya kenapa kita ngga boleh main dandan2an : karena make up dll itu hanya utk perempuan, sementara kakak laki2.. makeup bukan utk laki2 dll — boleh memasukkan value2 yg diinginkan sesuai value keluarga masing2

3. roleplaying bagaimana menolak ajakan jika diajak main perempuan & bagaimana cara mengajak main yg netral misalnya.. semua aturan yg ditetapkan perlu kita pikirkan baik2 skenario apa yg mungkin terjadi, kemudian ajarkan anak melakukan roleplaying

4. apresiasi anak jika berhasil bermain dengan baik dgn teman lawan jenisnya.. apresiasi tidak perlu yg materil misalnya : makan kue buatan bersama2, piknik ke taman dll

5. berikan teguran efektif, ingatkan pd kesepakatan/aturan & fokus pada solusi tentu mendampingi anak saat bermain jika memungkinkan.. jika tidak, buat aturan utk saling menceritakan apa yg terjadi saat anak tidak bersama kita.

✔✔✔✔✔

☝ Dhian

Di poin usia 2-5th dijelaskan mengenai permainan anak perempuan dan laki-laki yang berbeda dan jk terbiasa utk dibedakan maka anak2 akan paham akan gendernya masing2. Saya menangkapnya begitu.

Berarti memang seharusnya dibedakankah? Atau ada batasan tertentu mengenai hal ini?

👍 Perlu dibedakan itu untuk permainan2 yg berhubungan dengan peran gender, tapi sebenernya ngga terlalu banyak sih permainan yg mesti dibedain gender nya.. beberapa di antaranya :

- ketika anak laki2 main boneka, oke jika dia berperan sebagai ayah nya si boneka yg mengganti popok, memandikan dll.. yg ngga boleh : ya kalau anak laki2 nya menyusui si boneka nya, atau hamil
- main dandan2an / salon2an.. ini cukup jelas ya udah dijawab di pertanyaan sebelumnya

✔✔✔✔✔

☝halimah

Bagaimana menghadapi anak trouble maker?

👍 Setiap anak dimanapun beràda pasti bertemu dengan karakter pengganggu.

* kuatkan mental anak untuk siap menghadapi lingkungan yang tidak diinginkan.

* komunikasikan dg orang tua nya
jadi gini, ini ‘rumus umum’ menghadapi perilaku anak yg ngga sesuai sebenernya (applied to every kids kayanya)

1. kita harus paham dulu bahwa anak itu fitrah nya baik.. jd perilaku yg menurut kita trouble maker ini pasti ada ‘alasan’ di balik itu.. bisa jd anak ini ngga ada temennya jadi cari perhatian atau kebanyakan nntn sinetron misalnya

2. kalau ketemu ‘alasan’ nya baru cari solusi nya sama2, kalau anaknya bukan anak kita, kita rapport building/pdkt dulu sama orangtuanya, trs ngobrol2 baik2 menyampaikan concern kita, sambil ditanya : apa yg bisa aku bantu? kalau orgtuanya ngga tertarik dgn solusi kita, ya kita deketin anaknya sambil nanti kita install2 value yg baik ke anak itu.. dgn berbagai cara yg possible kita lakukan

3. kalau anaknya anak kita, tentu kita cari solusinya sendiri dengan memperhatikan ‘alasan’ dibalik perilaku nya.. anak2 itu perlu kita bantu & masih bisa kita ajarin.

✔✔✔✔✔

#Fitrah_seksualitas
#Game_level11
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar