Sabtu, 22 September 2018

Fitrah Seksualitas #day2

Resume kel.5

✋ Materi ✋

✋Sesi Tanya Jawab✋

☝ IkhwatunNisa

Menurut data KPAI tahun 2017 bahwa kasus LGBT adalah kasus terbesar kedua di indonesia kan, berarti sudah banyak sekali orang yg terkena kasus LGBT ini, jadi *Bagaimana Cara  melindungi dan menjaga anak2 kita dari orang2 LGBT yang bisa kapan saja mereka temui di lingkungan sekitarnya? Bagaimana tanggapan dari kelompok 5. Terima kasih*

👍 Tentu saja fitrah seksualitas dan fitrah individualitas mereka harus dididik dan ditumbuhkan dengan sebaik baiknya melalui kelekatan yang mendalam bersama para orangtuanya sejak tahapan usia 0- Aqilbaligh di usia 15 tahun. Bonding time saat membersamai anak-anak yang baik dari ayah dan ibu inilah yang kelak menumbuhkan fitrah seksualitasnya dengan sempurna dan berjalan sebagaimana perannya nanti saat dewasa.

Cara melindungi dari LGBT

1. bangun kedekatan dengan anak, karena dengan hubungan yg dekat dgn anak, insyaAllah anak akan terbuka & mau sharing sama kita.

2. hentikan kesalahan pengasuhan mulai saat ini, seperti mengancam kosong, labelling, dll karena ini bisa membuat kita menjadi orang tua yg inkonsisten di depan anak. Resiko nya jika ttp melakukan kesalahan pengasuhan : kata2 kita ngga ada artinya di mata anak (anak ngga percaya sama kita)

3. tumbuhkan rasa cinta kepada Allah dengan senantiasa menumbuhkan syukur.. dengan syukur maka akan tumbuh ketaatan, dengan sendirinya anak akan patuh pd aturan Allah

4. melakukan briefing/roleplaying, bagaimana sikap yg perlu kita tunjukkan kepada orang yg terkena penyimpangan seksual.. ini bisa disesuaikan dgn keluarga masing2.. jika merasa tidak bisa membantu, maka lebih baik dihindari drpd terpengaruh.. namun ttp ajarkan menghindar/menolak dengan cara yg sopan & ttp saling menghormati

☝ Yessi

Mau tanya mbak, anak saya 5,5 tahun baru punya adik mulai tanya tentang kehamilan, sampai akhirnya *"gimana bisa ada dede di perut mama? Afham tuh bingung koq bisa ada dede di perut mama.."*

Waktu itu karena masih bingung sy jawabnya karena Allah kasih 😆, nanti kita sama2 baca di buku yaa, trus abis itu lupa. *Gimana cara jawab yang benar ya mbak?*

👍 untuk anak usia 5.5 tahun kayanya belum perlu dijelaskan mengenai proses reproduksi ya.. mungkin bisa melalui cerita aja bahwa anak itu hadir dari pernikahan mama & papa.. mama & papa mengundang adik utk hadir & Allah mengizinkannya maka Allah mengizinkan mama utk hamil..

karena adik kita ini adalah undangan, maka kita perlu sambut & jaga trs dgn baik ya (nah dr sini bisa mulai fokus ke penyambutan adik aja) ngga perlu fokus ke proses pembuatan nya (dulu)._ *sumber : buku EP

Pada tahap ini anak-anak belum bisa membedakan antara imajinasi dan kenyataan, oleh karena itu perlu sangat berhati-hati dengan apapun yang kita katakan dan kita lakukan. pikirkan dan rencanakan sungguh-sungguh jawaban atas pertanyaan mereka karena akan terserap masuk ke pikiran bawah sadar. *sumber buku: EP

✒ Dimengerti mbak Dini, makasih banyak yaa kelompok 5 😘😍

Pengalihan pembahasan ke merawat dede sy rasa akan berhasil, karena anak umur segini masih mudah teralihkan ya.. Waktu kejadian itu lagi di perjalanan, pas mentok sy alihkan liat pemandangan dan berhasil 😆

✔✔✔✔✔

▶ ishfi Matriks: mba mau nanggepin. gimana kalo misal tetiba ditanya anak, terus kita gatau jawabannya terus kita panik😱 daripada salah ngomong yekan,, mau nanya dulu misal ke temen2 bunsay.
BIlang ke anaknya gimana ya mba?

👍 oke kalau gtu santai aja.. control response kita dgn tetap tenang, sambil bilang : ooo mama belum tau jawabannya, kita catet yuk pertanyaannya nanti kita cari jawabannya sama2 ya..

kita itu ngga perlu jadi mr/mrs know it all yg tau semua jawaban dr pertanyaan anak.. saat2 tertentu kita bisa cari jawaban bareng2.. atau utk anak dgn usia lebih dewasa bisa nanya : menurut kamu gimana?

✔✔✔✔✔

☝ yeni⁩ 

Bagaimana memberikan pengertian ke anak jika lingkungan kebanyakan anak perempuan sedangkan anak sy laki2...karena pengaruh lingkungan sangat kuat yang dimana si anak selalu ikut main k anak2 perempuan tsb

👍 1. kita perlu buat aturan yg jelas di keluarga, mengenai permainan apa yg boleh & tidak boleh dilakukan bersama teman perempuan. Misalnya : main dandan2an, main makeup2an dll. Yg boleh main apa dong : contoh main sepeda bareng, main permainan tradisional dll

2. kalau aturan udah fix, jelaskan ‘why’ nya kenapa kita ngga boleh main dandan2an : karena make up dll itu hanya utk perempuan, sementara kakak laki2.. makeup bukan utk laki2 dll — boleh memasukkan value2 yg diinginkan sesuai value keluarga masing2

3. roleplaying bagaimana menolak ajakan jika diajak main perempuan & bagaimana cara mengajak main yg netral misalnya.. semua aturan yg ditetapkan perlu kita pikirkan baik2 skenario apa yg mungkin terjadi, kemudian ajarkan anak melakukan roleplaying

4. apresiasi anak jika berhasil bermain dengan baik dgn teman lawan jenisnya.. apresiasi tidak perlu yg materil misalnya : makan kue buatan bersama2, piknik ke taman dll

5. berikan teguran efektif, ingatkan pd kesepakatan/aturan & fokus pada solusi tentu mendampingi anak saat bermain jika memungkinkan.. jika tidak, buat aturan utk saling menceritakan apa yg terjadi saat anak tidak bersama kita.

✔✔✔✔✔

☝ Dhian

Di poin usia 2-5th dijelaskan mengenai permainan anak perempuan dan laki-laki yang berbeda dan jk terbiasa utk dibedakan maka anak2 akan paham akan gendernya masing2. Saya menangkapnya begitu.

Berarti memang seharusnya dibedakankah? Atau ada batasan tertentu mengenai hal ini?

👍 Perlu dibedakan itu untuk permainan2 yg berhubungan dengan peran gender, tapi sebenernya ngga terlalu banyak sih permainan yg mesti dibedain gender nya.. beberapa di antaranya :

- ketika anak laki2 main boneka, oke jika dia berperan sebagai ayah nya si boneka yg mengganti popok, memandikan dll.. yg ngga boleh : ya kalau anak laki2 nya menyusui si boneka nya, atau hamil
- main dandan2an / salon2an.. ini cukup jelas ya udah dijawab di pertanyaan sebelumnya

✔✔✔✔✔

☝halimah

Bagaimana menghadapi anak trouble maker?

👍 Setiap anak dimanapun beràda pasti bertemu dengan karakter pengganggu.

* kuatkan mental anak untuk siap menghadapi lingkungan yang tidak diinginkan.

* komunikasikan dg orang tua nya
jadi gini, ini ‘rumus umum’ menghadapi perilaku anak yg ngga sesuai sebenernya (applied to every kids kayanya)

1. kita harus paham dulu bahwa anak itu fitrah nya baik.. jd perilaku yg menurut kita trouble maker ini pasti ada ‘alasan’ di balik itu.. bisa jd anak ini ngga ada temennya jadi cari perhatian atau kebanyakan nntn sinetron misalnya

2. kalau ketemu ‘alasan’ nya baru cari solusi nya sama2, kalau anaknya bukan anak kita, kita rapport building/pdkt dulu sama orangtuanya, trs ngobrol2 baik2 menyampaikan concern kita, sambil ditanya : apa yg bisa aku bantu? kalau orgtuanya ngga tertarik dgn solusi kita, ya kita deketin anaknya sambil nanti kita install2 value yg baik ke anak itu.. dgn berbagai cara yg possible kita lakukan

3. kalau anaknya anak kita, tentu kita cari solusinya sendiri dengan memperhatikan ‘alasan’ dibalik perilaku nya.. anak2 itu perlu kita bantu & masih bisa kita ajarin.

✔✔✔✔✔

#Fitrah_seksualitas
#Game_level11
#KuliahBunsayIIP

Kamis, 20 September 2018

Fitrah Seksualitas #day1

#Resume Kelompok 7

Mengenal Kembali Fitrah Seksualitas : Definisi, Tantangan, dan Solusi

🌹🌹 MATERI 🌹🌹

🌹🌹 Sesi Tanya Jawab dan Diskusi

➡ Nur jannah: bole dijelaskan Tarbiyah Jinsiyah itu apa?

✔Tarbiyah Jinsiyah menurut konsep Islam adalah upaya mendidik nafsu syahwat agar sesuai dengan nilai-nilai Islam, sehingga ia menjadi nafsu yang dirahmati Allah, dengan tujuan terbentuknya sakinah, mawaddah wa rahmah dalam sebuah rumah tangga yang mampu mendidik keturunannya untuk mentaati perintah Allah swt, sehingga manusia terbebas dari perbuatan zina.

Tarbiyah Jinsiyah menurut Islam merupakan bagian dari pendidikan akhlak, yang didasari dengan keimanan. Dengan iman yang mantap, seseorang akan rela melakukan segala perintah Allah dan RasulNya serta menghentikan segala larangannya.
tambahan jwbn no 1

🔰Tarbiyah Jinsiyah beda dengan Sex education versi Barat

* Pendidikan seks pola Islam mengacu kepada pendidikan akhlak & adab yang berlandaskan kepada keimanan dan syariat/ aturan yang berasal dari Allah SWT. 

* Sex Education versi Barat hanya mengajarkan "seksualitas yang sehat" meliputi: seks secara anatomis, fisiologis dan psikologis saja. Misal, cara mencegah kehamilan, tidak aborsi dsb.
Tarbiyah jinsiyah dimulai dari pendidikan dalam keluarga, sebelum keluarga itu menyerahkannya kepada para pendidik (sekolah umum) dan lingkungan. Dari orang tualah anak kita akan memahami dan memiliki wawasan apa yang disebut dengan syahwat.

🔰Ada 15 Konsep Tarbiyah Jinsiyah yang harus diajarkan kepada anak kita..

1-  Memperkenalkan konsep Aurat.

2- Memisahkan tempat tidur anak  dan menjelaskan adab-adab kesopanan di rumah & diluar rumah.

3- Mendidik adab-adab isti’zan dalam rumah tangga. (QS An Nur:58)

4- Menanamkan jiwa maskulinitas pada anak laki-laki dan feminine pada anak perempuan.

5- Memperkenalkan konsep mahrom sekaligus adab pergaulan  diantara mahrom dan non mahrom.

6- Mendidik agar selalu menjaga pandangan mata (ghoddul bashar).

7- Mengenalkan sanksi-sanksi perzinahan dalam Islam. 

8- Mendidik agar tidak melakukan ikhtilath (campur baur/pergaulan bebas) di antara laki-laki dan perempuan.

9- Mendidik agar tidak melakukan khalwat (berdua-duaan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahrom).

10- Mendidik etika berhias sehingga kaum muslimah tidak bertabarruj.

11- Mendidik konsep Thoharoh seperti menjaga kebersihan mulut, alat kelamin, cara wudhu, mandi dll.

12- Menjelaskan makna khitan, ihtilam dan haid secara bijaksana.

13- Menjelaskan ayat-ayat al-Quran dan Hadis Nabi yang berhubungan dengan proses kejadian manusia, mulai dari nuthfah, alaqah, mudhghah (Morulla, Blastrulla, Gastrulla. Lihat QS Al Hajj:5 dll tentang prosess kejadian manusia), sampai terlahirnya seorang bayi dengan maksud mendekatkan diri pada Allah.

14- Mengajarkan Puasa sunnah, dengan puasa itu akan mempersempit jalannya syaitan, dan lebih bisa dalam menahan gejolak nafsu syahwat.

15- Etika kehidupan bersuami istri secara Islam baru boleh di ajarkan kepada mereka yang benar-benar akan menikah.

✔✔✔

➡ Eka : bagaimana cara ayah2 melakukan tarbiyah jinsiyah ini mba?

✔ Para ayah sebaiknya mulai berusaha menjadi idola anak lelakinya, dengan beragam kegiatan maskulin bersama, sampai anak lelakinya berkata aku ingin menjadi seperti “ayah”.

Lisan dan telinga ayah harus nampak sakti bagi ana lelakinya. Ayah harus menjadi penutur hebat bagi anak lelakinya dengan narasi narasi besar sejarah dan peradaban serta peran keluarganya dalam menyelesaikan masalah ummat atau menghidupkan potensi ummat dalam pentas peradaban.

Ayah juga yang harus menjelaskan tentang “mimpi basah” dan fiqh kelelakian, seperti mandi wajib, peran lelaki dalam masyarakat, konsep tanggungjawab aqilbaligh, pokok aqidah dstnya ketika anak lelakinya menjelang usia 10 tahun

✔✔✔

➡ alif : Bagaimana perbedaan sifat menurut fitrah seksualitas?

✔ sifat disini maksudnya spt apa ya mbk..

fitrah seksualitas adalah tentang bagaimana seseorang berfikir , merasa dan bersikap sesuai fitrahnya sebagai laki2 sejati atau sebagai perempuan sejati

▶ Tanggapan: Maksut saya sifat dalam definisi fitrah seksualitas yg sudah dipaparkan dlm video mba.... apakah yg dimaksud perbedaan sifat dalam fitrah seksualitas?

✔ Maksud perbedaan sifat disini bisa didefinisikan sbg sisi kemaskulinan utk laki2 dan sisi kefeminimitasan utk perempuan 🙏🏻

▶Mungkin ini agak berkaitan dgn tarbiyah jinsiyah point 4 ya mba....disitu ada maskulin dan feminim.

Nah...bagaimana kl kita menemui cowok yg agak feminim atau cewek yg agak maskulin bgitu lebih jelasnya....

✔ Hal itu disebabkan krn kurangnya dibangkitkannya fitrah seksualitas terutama dr lingkungan keluarga, yg bisa kita lakukan hanya menghargai dan jaga anak kita sebaik2nya agar terbentuk fitrah seksualitas yg sesuai aturan, bergaul sewajar dan seperlunya aja.

Mengingatkan dengan cara yang baik dan santun

✔✔✔

➡ Ishfi : ihtilam itu apa?

✔ mimpi basah

▶ Untuk balita lebih ditekankan utk peningkatan bonding dgn ortu. Bgaimana jika ortunya single parent

✔ yg terpenting anak dpt figur ayah dan ibu, bisa dpt dr nenek, kakek, kyai, paman, tante

🔰Anak anak yang kehilangan salah satu sosok orangtua baik karena meninggal atau karena perceraian, maka wajib segera diberikan sosok pengganti sampai mencapai aqilbaligh baik dari keluarga besar maupun komunitas/jamaah kaum Muslimin
🔰Fitrah Seksualitas ini tidak tumbuh berdiri sendiri harus pula diiringi tumbuhnya fitrah lainnya seperti fitrah keimanan, fitrah individualitas dan fitrah sosialitas sehingga agar juga tidak mudah ditularkan penyimpangan seksual oleh lingkungan.

✔✔✔

➡ Frisda Korming1: Bagaimana menjelaskan batasan2 ketika bermain dengan lawan jenis? Pe er anakku mainnya ma  lanang terus🙈

✔ Bisa diawali dengan menjelaskan perbedaan laki-laki dan perempuan.

Selama masih dalam batas wajar anak-anak sepertinya msh boleh main bersama.

video tadi salah satu medianya untuk menjelaskan mana yg boleh disentuh dan yang tidak boleh disentuh oleh orang lain

✔✔✔

➡ : untk usia 6-8 tahun bagaimana cara mengenalkan nama jenis kelamin tanpa nama samaran ? misal dompet untuk jenis kelamin wanita dan burung utk jenis kelamin laki2

✔ dari awal perkenalan anggota tubuh, sebaiknya anak2 harus diberitahu jenis kelamin dengan bahasa sebenarnya bahasa ilmiah yang memang pasti ada dibuku2 sekolah mereka nanti

kenalkan dengan menyebut istilah yg benar

kemaluan laki2: Penis

Kemaluan wanita: Vagina

kemaluan makanya hrs ditutup..malu klo diumbar😁

▶ Kl aq mau menanggapi yg ini blh yaa... Pernah ikut seminarnya bu Ani Ch, konselor yg penulis Psyco Coffee Morning itu. Dia blg kalo untuk menyebutkan alat kelamin ke anak, ckp blg "kemaluan" saja

"Kemaluan" --> malu diliat org lain. Jd tdk perlu sampai menyebutkan nama ilmiahnya atau pakai pengandaian benda2 lainnya...

🔰Nanti disekolah pun akan ketemu bahasa ilmiahnya mba, maksud aku.. anak2 akan tahu n dengar dari mana saja.. kalau bukan kita yg awal menjelaskan.. bagaimana nnt tahu dr temannya?

▶ Iya btl Ambu.. bahasa ilmiah pasti ada di sekolahan karena untuk pengetahuan. Namun untuk bahasa sehari2 mungkin lbh enak tdk menggunakan bhs ilmiah kali ya? Itu klo yg sy pribadi... 🙏😊

🔰 klo saya memahaminya kemaluan itu lbh ke aurat malah, jd bkn sekedar penis dan vagina tp aurat yg Allah perintahkan utk ditutup ketika seseorang sdh aqil baligh.

Sedang namanya penis atau vagina ttp disebut supaya anak paham, itu pilihan aja menurut saya mba rahma... liat gimana anak2 aja

▶Note Mba Mida... semua memang kembali ke rmh masing2 yaa.. 😉

✔✔✔

➡ Eka : mba, mau tanya adab-adab isti’zan itu apa?

✔ Dalam Islam, keluarga di rumah merupakan sumber keberkahan hidup. Menerapkan nilai-nilai Islam yang berorientasi adab dan akhlak penting bingit buat kita praktekin.

Termasuk mengajarkan norma dan aturan dalam rumah.

Salah satunya adab istidzan atau adab meminta izin anak pd ortunya. Terutama di tiga waktu sensitif. Jd anak hrs dibiasakan minta izin untuk masuk kamar ortu. Waktu khusus trsbt yaitu: "sebelum salat Subuh saat brhubungan, ketika  menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari biasanya ini saat santai, dan sesudah shalat Isya" saat tidur.

Jangan sampai anak melihat hal-hal yang seharusnya tak boleh dilihat dan bisa berdampak negatif pada psikologisnya. 
intinya pembiasaan anak utk izin, Agar tdk melihat kondisi ortu saat aurat terbuka

✔✔✔

➡ : Mba mau tanya gimana ngejelasin ke Anak sebelas tahun Hubungan suami istri yang mengharuskan mandi wajib?

✔ utk usia 11thn jelaskan mandi hadast besar dulu, ketika nanti dia haidh, klo perempuan buka fiqh wanita atau fiqh mandi, bareng ibunya, kalau laki2 bareng ayahnya ya

🔰 maaf justru sblm haidh dan ihtilam, so nanti dia udah ready pas balighnya. Langsung aja buka hadist or quran, jadi dia tau itu perintah Allah bkn prntah ayah ibunya

▶Nah ini pr Bundanya sikaka nanya karna ada pelajaran fikih yang mengharuskan mandi wajib salah satunya itu, dan sikaka nanya Bundanya, Bundanya bingung mau jawab apa?

Siapa tau mba @⁨Armida_Rina@GriyaMafifara⁩ bisa menjelaskan dengan bahasa Anak 🤭

🔰jadi mandi wajib utk anak 11thn arahkannya ke mandi setelah haid mbak, mandi stlh haid itu jg mandi wajib, mksudnya tdk sah sholat sblm dia mandi. Sama kayak mandi janabah disebut mandi wajib jg.

Atau ngobrol sama gurunya, bilang klo saya diarahkan ke mandi haidh atau mandi krn ihtilam

Sebetulnya reaksi anak ga lebay kok mba, kita aja yg suka khawatiran

Jangan lupa banyak doa.. Insyaa Allah dimudahkan sama Allah.. santai aja klo ngomong hal2 kyk gini

▶Ok mba Mida saya juga kemaren arahkan kesitu aja dulu dan kaka belum waktunya tau, tapi sikaka kritis banget anaknya 🙈 

Masih penasaran aja, Kk mau sebelas taun Oktober ini 

(Keipet hp rusak g bisa nulis angka satu dan teman"nya)🤭

🔰Bisa sambil digali mba siapa tau kk memang sdh tau..

tp jangan parno ya..

▶ Duh memang sebenernya Bundanya dah parno, takutnya siKK dah tau hal" yang belum boleh

Temen"nya hpan semua dan penuh kuota, setiap kali bilang kerja kelompok kerumah temen Bundanya dah ketakutan Anak" youtubean nonton yang belum boleh

Temen"nya sekelas dah banyak pada dapet haid.
#Duhma'afkan jadi curcol

Bunda lagi galau ngadepin KK yang mau Akilbaligh
✔✔✔

Wallahu a'lam bishowab...

#bunda sayang
#fitrah seksualitas
#game level 11

Jumat, 13 Juli 2018

Cerdas Finansial #10

Hari ini ada keperluan harus tarik tunai di ATM disebuah minimarket. Ketika disana saya belanja sedikit barang yang saya butuhkan. selesai belanja saya segera membayar dikasir. Ternyata ada harga barang yang tidak sesuai seperti yang tertulis di rak. Akhirnya saya ke kasir kembali dengan memberikan catatan di rak dan harga yang tercatat di bill pembayaran. Kasir pun mengembalikan selisihnya.

Langit tentu saja bertanya kenapa saya harus balik ke kasir, kenapa melepas harga yang di rak dan memberikan ke kasir, kenapa dan kenapa pertanyaan lainnya.

Akhirnya saya menjelaskan wajibnya jujur dalam berniaga. walaupun yang terjadi belum tentu disengaja bisa saja kesalahan pencatatan di komputer. mungkin Lamgit belum tentu mengerti benar, namunsaya mencoba menjelaskan dengan bahasa yang ringan, jadi pembeli harus teliti dan pedagang haruslah jujur.


#Tantangan10Hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RejekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

Rabu, 11 Juli 2018

Cerdas Finansial #9

belajar berniaga.

sempat kehabisan ide belajar finansial apalagi ya hari ini.. akhirnya kami bermain dagang - dagangan.. mba Farras (keponakan) menjadi pedagang, aku dan Langit jadi pembeli. Dengan troli - trolian kami berbelanja barang yang sudah kami sepakati untuk dibeli dengan dicatat. kami pun memegang sejumlah uang untuk pembayaran.

Lalu kami bermain dengan 2 kali adegan yang berbeda.

yang pertama kami berbelanja dan membayar dengan harga biasa.

yang kedua kami membeli dengan bernegosiasi /menawar. 

dari kedua adegan itu kami mencoba berdiskusi banyaknya uang yang kami habiskan untuk berbelanja. Ternyata terdapat perbedaan dengan menawar dan tidak. setelah itu saya jelaskan pula tempat yang bisa ditawar, sebaiknya tidak menawar dan tidak dapat ditawar. Kenapa kami harus mencatat barang kebutuhan sebelum belanja.



#Level8
#KuliahBunsayIIP
#RejekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial

Selasa, 10 Juli 2018

Cerdas Finansial #8

Hari ini pergi berenang di perumahan Darmawangsa yang tidak terlalu jauh dari rumah. ketika berangkat ternyata kelupaan ban pelampungnya. Lalu ketika ingin balik, Langit bersikeras tidak mau terus dilanjut aja. 

Ternyata ketika sampai, Langit ingin ban yang disewakan, diterangkan bahwa itu sewa, artinya meminjam dengan membayar sejumlah uang. Ambu tidak ingin memberi karena Langit punya tapi tidak ingin membawanya. Langit ku minta menyamakan uang yang andai buat bayar sewa dengan barang apa yang bisa dia bayar dengan nominal yang sama. 

Sebenernya ketika memutuskan ambu pun merasa tidak tega, kok ya pelit amat. Tetapi karena dia pula yang bersikeras tidak ingin balik mengambil bannya, dia harus terima resiko bermain ain tanpa ban pelampungnya.