Jumat, 19 Januari 2018

Aku pandai menabung #melatihkecerdasan_hari10

beberapa hari lalu Langit pulang minta ke ATM sekarang juga, karena kami tak mengerti maksudnya apa dia pun menangis. setelah tenang kami berdialog lama.. ternyata dia minta dibelikan tembakan seperti temannya. satu -satunya mainan yang tidak dia punya. sempat menerangkan fungsi ATM dan dimana seharusnya membeli mainan,, ternyataa maksudnya ayuks ke toko mianan di depan ATM hahah..

baiklaah.. baca buku tentang menabung dan manfatnya tapi tak pernah dipraktekan, akhirnya bisa diterapkann karena masalah tembakan ini. kuminta ia bersabar untuk memenuhi tabungannya. dan hari ini kami membongkar tabungan dan menghitungnya.. lalu kami bersama sama membeli sebuah senapan, tentu saja uangnya masih ada sisa yang dikembalikan ke dalam celengannya.

selain dia tahu manfaat uang, dia lebih semangat menabung dan menahn dirinya untuk jajan yang tidak berguna demi ditabung uangnya.. aah sayaang,, semakin cerdas ya nang

#tantangan_hari_ke10
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisalebihbaik

Kamis, 18 Januari 2018

Tak ada yang salah dengan menangis #melatihkecerdasan_hari9

menangis menjadi hal yang lumrah pada setiap balita, tapi sayangnya saya kurang pintar mengendalikan emosi saya ketika Langit sering kali nangis berkepanjangan, apalagi sering nangis tanpa alasan yang kuat. suatu waktu dia terjatuh cukup keras dan tidak menangis sama sekali, lalu daia berkata.. AI ga nangis, Ai pintar kan.. ya Allah sakit saya mendengarnya.. ternyata saya salah menyampaikan atau saya salah memahami emosinya.

lalu kami berbincang - bincang. 

"Nang.. tidak ada yang salah dengan menangis. kamu pun bebas menangis kalau kamu harus menangis, seperti kamu sakit, sedih atau marah. ambu saja yang kurang bisa memahami kalau Langit menangis tanpa sebab, nangis yang lamaa. kalau kamu sedih ingin menangis tak apa nang. perempuan atau laki - laki boleh kok menangis.. yang tidak boleh itu yang berlebih - lebihan"

kucium keningnya... Ya allah cerdaskan kami, berilah aku kemampuan memebri pemahaman yang baik padanya.. aamiin

#tantangan_hari_ke 9
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisalebihbaik

Rabu, 17 Januari 2018

Pandai Menjaga Dede Bayi #melatihkecerdasan_hari8

semenjak tragedi nangis berkepanjangan akibat Bayung mandi duluan, sekarang setiap bangun tidur Langit harus diberi avirmasi positif dulu seperti hari ini.Bangun tidur selain dipeluk seperti biasa, Langit harus dibanjiri dengan perasaan cinta

"Assalamualaikum sayaang,, waah udah bangun yaa.. hari ini kita mau apa ya? AA mau mandi duluan atau dede?

Langit ingat yaa.. ingat di sini ( tunjuk dada dan kepalanya) walau Langit punya Bayung, atau nanti mungkin ada dede lagi baik satua atau dua maupun lebih, langit tetap kesayangan ambu abah, langit ga perlu khwatir ga disayang ambu abah yaa,, bahkan dede bayi aja sayang kok sam Langit.

Masyaa Allah lanangku seharian bisa banget jagain adiknya. setiap Bayung bosan dia susah payah menghiburnya.. ambu bangga padamu Langit

#tantangan_hari_ke 8
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisalebihbaik


Selasa, 16 Januari 2018

Masih edisi sayang adik #melatihkecerdasan_hari7

Ambu: "A,.. bisa bantu ambu ga?

Langit:"bisa"

Ambu:"Tolong ya masukin buku - buku dan mainannya ke dalam."

Langit:"kotak (R)essa aku obek mbu"

Ambu:"loh kok bisa sobek?"

Langit:"Disobekin dedek"

tidak lama disamperin adiknya, dipelototin dengan kesal.

Ambu:"loh kok mukanya begitu?" kamu sayang dede ga?

Langit:"sayang"

Ambu: "kenapa ngasih tampang begitu kalau sayang?. nang adikmu masih bayi, apa aja yang didekatnya pasti masuk mulut. kamu pun dulu begitu bahkan akdang - kadang masih kan? 

Langit: iya

Ambu: "Bayung belum ngerti itu bisa bikin rusak, kotor bikin sakit perut. belum bisa dibilangin. beda sama AA yang makin besar makin paham ambu ngomong apa. Kalau kamu masrah - marah melulu sama bayung, yang ada nanti Bayung belajar marah juga. Nanti dia akan pintar marah - marah ke AA. 

"Lihat kan,, Bayung selalu tertawa kalau lihat AA, pengin main dan becanda. Bayung sayaang banget loh sama AA. "

Balik badan buru - buru beresin sisa mainannya yang berserakan.

sebenarnya anak ini sayang banget sama adiknya dari dalam perut, hanya saja karena situasi sering kali ibunya dianggap lebih memilih adiknya perlahan timbul perasaan cemburu yang sering dilampiaskan ke adiknya. harus sering - sering diberi pemahaman bahwa kami orang tuanya sayang banget padanya dengan atau tanpa adiknya.


#tantangan_hari_ke 7
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisalebihbaik

Sabtu, 13 Januari 2018

Sayang adik #melatihkecerdasan_hari6


Melatih kecerdasan emosi Langit masih berkutat di hubungan dengan adiknya. Walaupun secara umum dia sayang banget sama adiknya, tetapi dia belum paham konsep mengalah. Seperti hari ini.. 

Minta dibacakan buku sedangkan ibunya sambil menyusui Bayung, maunya ambu fokus ke dia nyusunya nanti. 

"Langit sayang dede ngga?"

"Sayang"

"Langit kalau ga makan lapar tidak?"

"Lapar"

"Nah sama kaya dede juga. Sekarang dede lapar"

Tapi kan tadi makan?.

"Iyaa tapi Makannya dede masih banyak di susu ambu, kalau tidak nanti dede juga lapar, lemas.. kelamaaan.....?"

"Sakit deh"

"Nah.. kalau Langit sayang masa dedenya ga boleh minum.. sakit dong  dedenya.. kasihan kan"

"Iyaa mimi sambil bacain buku Ai ya.. "

"Ok sayaang"


#tantangan_hari_ke 6
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisalebihbaik