Sabtu, 06 Oktober 2018

Fitrah Seksualitas #Day10

Presentasi kelompok terakhir


MATERI 


Tanya Jawab 

 Bund… mo tanya doooonkkk…

Kenalan dolo deh sebut saja saya mak ijah 

Dimateri dijelaskan ttg “Penanaman Adab Terhadap Anak”

Nah… klo kasusnya seperti saya yg blm mempunyai privasi kamar ortu yg klo tidur pun keroyokan ber-5 sekasur tp kadang ayahnya yg ngalah sih pindah ke kasur depan scr sempit ye sekasur ber-5  itu bagaimana yak? Apakah disitu ada penyimpangan atau keterlambatan dalam menanamkan adab tersebut tadi?

#mohon pencerahannya ya bunda2 keceeehhh… 


Bismillah..

Apabila anak itu belum tamyiz tidak mengapa tidur dengan orang tuanya.

Jk anaknya sudah tamyiz tp bellum baligh pun tidak mengapa tidur dengan orang tuanya tp harus diusahakan terpisah tidurnya.

Jk anak sudah baligh dan sudah tamyiz makan harus berpisah tidur dgn orang tua dikarena didalamnya terdapat hal yg bisa membangkitkan syahwatnya dan dia akan melihat berbagai kejelekan. Allohu ‘alam

Untuk kondisi anak tidak bisa pisah kamar dgn ortunya,. Bisa disiasati dgn pisah tempat tidur.

Jd misal skrg ada ranjang besar untuk tidur bersama, mulailah dari membeli kasur kecil untuk anak.,jd anak masih 1ruang bersama kita. Awal Tidur masih bareng2 tp saat anak terlelap pindahkan dia ke kasurnya.. dan sounding perlahan saat dia mau tidur jk adik saatnya tidur terpisah dgn ayah ibu karena adik semakin besar., agar pertumbuhan adik bisa maksimal.

Atau untuk kasus mak ijah bisa yg mengalah ortunya.,anak2 sudah terlelap pindah ke kasur lain dalam 1 kamar atau beda kamar lebih baik jk memungkinkan.

Jk ga bisa beda kamar.,untuk ranjang orangtua bisa di skat dgn kain gordyn/sejenis kain pembatas yg digantungkan dan bisa di tarik jk sedang tidak digunakan. Krn adab yg utama dalam hubungan suami istri memang baiknua tertutup dari anak2 walaupun dgn skat kain/lemari.

Apakah disana ada penyimpangan atau keterlambatan dalam penanaman adab?

insyaAlloh klo penyimpangan adab tidak.,tp mungkin ada keterlambatan. Anak2 sewajarnya mulai diajarkan untuk berpisah kamar mulai umur 3th,. Diharapkan 5th sudah bisa tidur sendiri tanpa ditemani orangtua.

(Sumber : Buku anakku ! Sudah tepatkah pendidikannya? Mushtofa al ‘adawi)

  mba Yeni

Assalamualaikum mba dian

Mau tanyak:

Bagaimana solusi nya menurut anda,,jika kondisi rumah yang tidak memungkinkan untuk pisah kamar (rumah hanya sepetak) sedangkan anak sudah 7 tahun sehingga adab tersebut bs berjalan dengan semestinya?
Tengkyuuu


JAWAB :

 Sama dgn pertanyaan no.1
Menambahkan saja..

Anak perempuan lebih diprioritaskan dalam memiliki kamar sendiri jk sudah baligh dan tamyiz, karena daerah aurat perempuan lebih banyak dan perempuan lebih sensitif dan pemalu.

Sedangkan anak laki2 bisa tidur dimana saja (contohnya: ruang keluarga/ ruang tamu)

(Sumber : Pernik-pernik Rumah Tangga Islami, ust.Cahyadi)

 link ini bs jd refrensi ttg tips and tricks tuk pisah kamar anak

Mungkin bisa ditambahkan link ini untuk kiat2 pisah kamar.

https://free.facebook.com/notes/yuk-jadi-orangtua-shalih/bagaimana-cara-memisahkan-tempat-tidur-anak/10150138599300700/?_rdc=1&_rdr

 Idealnya dimulai latihan dr 3y. Atau saat mulai sapih. Karena pisah kamar gak ujug2 langsung bisa. Apalg klo sebelumnya udah betah sekamar sama ortu.

Memang agak beda budaya Asia dan barat. Di barat mereka sdh membiasakan pisah kamar dr bayik

‬ Assalamualaikum Mba Dian n team

Saya totoro mau numpang nanya sbb:

Bagaimana menyikapi anak yg tidak diajarkan adab dalam keluarga, karena di dalam keluarga tsb membebaskan segalanya (dengan kata lain tugas ortu hanya membesarkan anak tp tidak memiliki ilmu)
 Bila itu tetangga kita maka penuhi hak hak tetangga seperti

1. Tidak mengganggu

2. Menjaga dari org yg ingin berbuat jahat

3.Bergaul dengan baik kepadanya

4. membalas kekasarannya dgn lemah lembut
Sumber: Tarbiyatul Aulad h. 230
 Point 3 dan 4 tetap bersikap baik dan mungkin mereka belum tahu ilmu mendidik anak, perlahan dan sedikit sedikit sebagai org terdekat misalnya sering berbagi kebaikan sehingga mereka berempati dan perlahan lahan mau diajak kpd kebaikan

Dan doakan orangtuanya mbk. Karena kekuatan doa luar biasa, seperti mengayuh sepeda, pelan tapi pasti sampai tujuan.

Tambahan dari pengalaman mbk Yessy

Ini aku ngalamin banget 

Salah satu cara mensiasatinya ketika anak tsb main ke rumah, kita ajarin anaknya, kyk mau masuk rumah salam dulu, mau buka kulkas ijin dulu, mau ambil mainan bilang dulu dan beresin lagi setelahnya.

Trus kalo lagi main ke rumah temennya, kita pesenin dulu ke anak kita hal2 tsb di atas tadi, kalo temennya ngajak main di dalem kamar ortunya, anak kita gak boleh ikut masuk.

Kalo anak terpaksa main di kamar anak temennya krn mainan atau buku disana semua, pintu harus selalu terbuka dan sering2 ditengokin.

#Fitrah_seksualitas

#game_level11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar