Kamis, 27 September 2018

Fitrah Seksualitas #Day 5

TANYA JAWAB


🤖 Pertanyaan 1⃣dan2⃣
Mba Dini K,
Kalau terlanjur adik kaka mandi bareng gmn? Sama2 laki2..
 Iyaa jd anak aq 6th adek'a 2th.. AA'a suka pengen mandi bareng sama adek'a tp ttp aq yg mandiin adek'a sih..
Kdang suka mau mandi bareng gt..
Mba Frisda , Penjelasan apa yang dapat diberikan ke anak2 ketika kita mulai melarang mereka mandi bersama, baik dengan sekandung maupun sepupu. Karena yg pling berat tantangannya di sepupu
Mereka suka aneh klw hal2 yg umum berbezee dengan kita,
🍒 JAWABAN
Menurut Dr.Fran Walfish seorang psikoterapis hubungan dan keluarga, secara umum usia paling baik untuk berhenti memandikan anak berbarengan dengan kakak atau adik dengan gender berbeda adalah usia empat tahun.
Dr.Boyke menerangkan pula pada usia 5 tahun anak harus sudah dilarang untuk mandi bersama.
Hal ini disebabkan karena pada usia ini organ reproduksi anak sudah mulai berkembang, sehingga anak mulai merasakan respons seksual.
Anak pada usia ini juga sudah mulai tahu dan paham bagian tubuhnya dan orang lain.
Pada saat mandi bersama (apalagi dalam kondisi tidak berpakaian sama sekali) anak akan mudah mengenali bagian-bagian tubuh milik saudara/temannya, bahkan tidak jarang terkadang menunjuk atau menyentuhnya.
Selain itu tidak mandi bersama juga salah satu upaya untuk menjaga adab (dari fitnah) karena polosnya anak-anak seringkali menceritakan kejadian-kejadian yang dialaminya, termasuk aktifitas mandi bersama ini. Dikhawatirkan anak akan menceritakan aurat saudaranya kepada oranglain.
Beberapa alternatif penjelasan yang bisa diberikan pada anak-anak misalnya, :
🍭 Karena kakak sudah besar, harus mandi sendiri-sendiri, malu kan nanti auratnya kelihatan sama...
 Menjelaskan konsep malu dan aurat boleh dilihat dalam kondisi darurat saja, insyaallah pelan-pelan anak akan memahami..
🍭 Jika anak tetap ingin mandi bersama maka harus memakai pakaian dalam supaya tidak terlihat aurat kubronya.

Wallahua'lambishawab

🤖Pertanyaan 3⃣
Mba iis arifah,
berapa batasan usia anak perempuan masih boleh dimandikan ayahnya?
Dan bagaimana menjelaskan ke anak agar mereka mau tdk mandi sama ayahnya.. 😁👍🏻
🍒 JAWABAN
Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz, pernah menjabat sebagai ketua Al Lajnah Ad Daimah, ditanya, “Aku pernah masuk kamar mandi bersama anak perempuanku yang berusia beliau 5 dan 7 tahun. Aku melakukannya dalam rangka untuk membantu mereka membersihkan rambut mereka. Apakah berdosa jika aku melihat aurat mereka?”
Jawaban beliau rahimahullah, “Seperti itu tidaklah mengapa. Selama anak tersebut di bawah tujuh tahun, maka tidak ada aurat yang terlarang dilihat baginya, baik itu anak laki-laki maupun anak perempuan. Tidak mengapa memandikan atau membantu mereka ketika mandi. Semuanya tidaklah mengapa. Adapun jika anak tersebut sudah di atas tujuh tahun, maka jangan lakukan. Tutuplah aurat mereka dan jangan aurat mereka disentuh kecuali bila ada hajat. Kalau ada hajat, maka tidak mengapa jika ibu atau pembantunya memandikan mereka ketika anak tersebut belum bisa mandiri untuk mandi.
Baca Selengkapnya : https://rumaysho.com/1833-ayah-melihat-aurat-puterinya.html

🤖  Pertanyaan 4⃣
Mba Aina,
Apa yg menjadi penyebab anak fase 0-7 tahun memainkan alat genitalnya?
Apakah itu normal? Apakah karena rangsangan2 pergaulan, tontonan atau apa? Atau memang alamiah saja, wajarnya begitu...
🍒 JAWABAN
Apakah normal anak memainkan alat genitalnya?
Berdasar literatur yang kami baca hal tersebut normal dan wajar dilakukan oleh anak usia 3-7 tahun.
Menurut teori psikoanalisis pada usia 3 atau 4 tahun sampai usia 5tahunan, anak sedang berada pada fase phalic.
Fase phalic merupakan sebuah fase dimana anak merasa kepuasan dan kenikmatan berada pada area organ genitalnya. Normalnya akan berhenti pada usia 5-6tahun.
Meski hal ini wajar dan normal terjadi, terkadang ada orang tua yang "shock" lalu dengan mudahnya memarahi anak, namun bukan berarti pula orang tua  membiarkan begitu saja.
Orang tua tetap harus mengawasi dan memberi pengertian pada anak.
Berikan pengertian pada anak secara perlahan bahwa tidak boleh memegang alat kelamin terus menerus atau menggesekkan pada benda lain karena khawatir akan terinfeksi kuman kotor dan bisa juga jadi sakit.
Beberapa cara pengalihan atau komunikasi yang bisa orangtua lakukan diantaranya ;
🍭Ajak si kecil bermain dengan tujuan mengalihkan keasikannya ini
🍭Tanya dengan santai kenapa dia suka memegang alat kelaminnya, syukur-syukur sudah bisa komunikasi jadi kita bisa tahu jawabannya,
🍭Sering berikan pelukan, karena kemesraan dengan orang tua bisa membuat anak nyaman, sehingga dia gak perlu mengeksplorasi hal yang tidak penting tadi.
🍭Hendaknya diberitahu utk tdk memainkan alat kelamin atau menggesekkan alat kelamin ke benda lain krn nanti akan sakit dan kemungkinan tangan yang tidak bersih saat pegang-pegang kelamin.
🍭Orang tua tidak merespon secara berlebihan agar anak bisa terbuka bercerita apa yang menyebabkan ia menyentuh2 kelaminnya itu.
🍭 Hindari marah spontan saat melihat perilaku anak menyentuh kelamin.
Mba Eka : hati2 dgn respon ya jgn terlalu berlebihan ketika anak melakukan megang2 itu. karena ketika kita responnya lebay bisa2 malah jd boomerang.
izin curhat ya mod, kalau Zu ya ini pengalaman aku, ngga semua anak begini.. malah suka ‘sengaja’ gtu buat ngetes respon kita. misaaal nih, dia nyanyi lagu syantik (ini kejadian paling baru aku kecolongan) terus aku kaget, terus ngga ngomong baik2 main tegur2 sambil kesel, berulang2 dia nyanyi lagu ituuu depan akuuu hiksss

🤖 Pertanyaan 5⃣
Mba Yeni,
Mengingat maraknya pemerkosaan yang dilakukan orang terdekat seperti ayah kandung .kakak. paman dsb..
Menurut anda kedekatan dan batasan  yang seperti apa  mengajarkan anak perempuan  ke ayah dan sodara laki2nya?agar  dapat menghindari kasus pemerkosaan yg d lakukan oleh orang terdekat..
🍒 JAWABAN
Menurut kelompok kami,
Untuk mengantisipasi terjadinya pelecehan seksual ataupun pemerkosaan diantara anggota keluarga, hal-hal yang bisa dilakukan ialah,
🍍Menguatkan pondasi agama dari anggota keluarga sejak dini,
🍍 Memisahkan kamar anak perempuan dan laki-laki,
🍍Membiasakan anak perempuan (terutama menginjak usia remaja) untuk menjaga aurat meski didalam rumah *memakai pakaian yang sopan,
🍍 Tidak mandi bersama / dimandikan meski oleh ayah sendiri
🍍 Mengajarkan anak bagaimana cara melindungi diri (upaya-upaya preventif dalam kondisi darurat)
🍍 "Mengamankan" anak dari lingkungan yg kurang kondusif. Misalnya tidak membiarkan anak perempuan hanya tinggal berdua saja dengan ayah sedangkan sang ibu bekerja jauh dari rumah (ex.TKW,)
🍍Membangun lingkungan  yang tidak rawan konflik, karrna memiliki pengaruh yang tidak baik bagi anak-anak.
🍍Bangun komunikasi yang baik dengan anak. Ajari si kecil untuk mengingat dan menceritakan kembali setiap kejadian yang dialaminya pada hari tersebut.
Ini juga Ada tips memberdayakan anak dari dalam dirinya
Diantaranya :👇🏻
1. Tumbuhkan rasa percaya diri anak, sehingga anak tidak mudah ditekan orang lain, memiliki daya tolak atau tidak mudah dirayu.
2. Ajarkan pendidikan seksualitas sejak dini. Perkenalkan anggota tubuh anak, dan tunjukkan bagian mana saja yang harus dilindungi dan tidak boleh disentuh, kecuali oleh mama, papa, atau dokter dengan didampingi mama-papa.
3. Bagian tubuh mana sajakah yang dianggap privat dan harus dilindungi itu? Paha, mulut, alat kelamin, dada, dan pantat/
dubur.
4. Jangan memaksa anak untuk memeluk atau mencium orang lain (sekalipun itu saudara dekat), apalagi jika anak tidak mau melakukannya. Bersalaman saja cukup (itu pun kalau dia tidak menolak, ya). Hal ini penting untuk menumbuhkan penghargaan dirinya atas tubuhnya sendiri dan menajamkan instingnya pada orang-orang sekitarnya.
Mba Eka : yg paling bawah setujuuu banget (Bangun komunikasi yang baik dengan anak), skrg gini, kenapa kita perlu sih sering2 ngobrol sama anak2 terus membangun kebiasaan cerita apa aja aktifitas, perasaan & review harian.. tujuannya ya untuk bisa mengingat menceritakan kembali dll
sekaraaang, kalau kita masih ada respon2 ngagetin, rawannya di anak bisa mikir : ah ngapain gw cerita, ntar juga paling diomelin/diresein dll
kenapa anak bohong? karena respon2 ngagetin tadi..
atauuu karena larangan2 otoriter yg ngga jelas kenapa dilarang nya dll
jadi yuk mari yuk perbaiki pola komunikasi, kurangin (kalau bisa hilangin) komunikasi yg ngga memberdayakan..
biasakan : punya tujuan, mau ngomong apa sama anak, lalu atur strategi : ntar mau ngomong dgn tujuannya begini, cara nya gimana..
yaelah ribet mau ngomong pake strategi..
itulah kenapa Allah kasih kita otak utk mikir kan, buat dipake mikir strategi berkomunikasi biar efektif, efisien, ngga perlu merepet nada tinggi dll
*ini ngomong sama cermin ya ekalucu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar