Kamis, 09 November 2017

Toilet Training #komunikasi produktif #hari8

Diusianya yang sudah melewati 3 tahun, Toilet Training Langit ga tuntas-tuntas. Sering tidak sabar menghadapinya. 
Sudah sejak usianya 18 bulan, dia sangat jarang memakai popok karena kulitnya yang hypersensitive. Berbagai macam popok dari yang murah hingga yang sedikit mahal sukses membuat area pinggulnya ruam parah. Jarang memakai popok tidak juga cepat membuatnya lulus TT dengan cepat.
Mencoba berdiskusi dengannya menjelang tidur.

"A.. berasa ga kalau mau pipis?"

"Berasa?"

"Terus kenapa pipisnya di celana?

Diam saja

" Kalau berasa mau pipis buru - buru ke kamar mandi, jangan ditahan - tahan lalu ke kamar mandi tapi sudah tidak keburu lepas celananya.Mau pup pun begitu. Kalau sudah ingin ya ke kamar mandi, lepas celananya dulu."

Ngangguk saja  

melatih toilet training memang perlu kesabaran dan cara sendiri. Banyak sharing mengenai TT bertebaran tapi kadang tidak cocok dengan situasi si anak. Intinya konsistensi dan tidak lelah mengingatkan si anak. Mengenai masalah konsistensi ini yang sebenernya jadi akar masalah kenapa TT langit tidak tuntas tuntas. 

setiap kami main apalagi menginap di rumah neneknya di priok, anak ini sering kali harus memakai popok karena neneknya yang selalu risih dan meributkan masalah najis dll. Akhirnya anak sering gamang, sudah terbiasa ke toilet sebelum pipis dan pup, terus diberi kemudahan lagi dengan popok. pe er lagi deh.

Semoga segera bisa mandiri di toilet ya nak.

#Hari8
#GameLevel1
#Tantangan10hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar