Senin, 05 November 2012

Tipe - Tipe Kepribadian

Menurut saya, manusia merupakan makhluk terunik dalam jagat raya. Milyaran manusia yang ada namun setiap individunya memiliki kekhasan yang tidak sama satu dengan yang lainnya, bahkan kembar sekalipun. Perbedaan itu tidak hanya mencakup ciri fisik, namun non fisik seperti karakter, kepribadian, pola pikir dan lain - lain.

Oleh karena kompleksnya "manusia", maka para ahli pun menggolongkan kepribadian dalam berapa Tipe. Tipe - tipe kepribadian yang cukup populer yaitu empat kepribadian Menurut Hiprocates dan  Gelanus, yang juga dijabarkan Florence Litteur dalam buku laris manisnya Personality Plus.


Hiprocates dan  Gelanus membagi tipe tipe kepribadian berdasarkan zat cair yang ada dalam tubuh seseorang. Yaitu:


1) Melancholicus ( Melankolisi). “Yang Sempurna”

Yaitu tipe kepribadian seseorang yang memiliki banyak empedu hitam di dalam tubuhnya. Sehingga orang ini memiliki sifat sifat kepribadian seperti bersikap murung, psimistis dan selalu menaruh rasa curiga, Cenderung serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola. 

Umumnya mereka ini suka dengan fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam. orang melankolis cenderung menganalisa, memikirkan, mempertimbangkan, lalu kalau bicara pastilah apa yang ia katakan betul-betul hasil yang ia pikirkan secara mendalam sekali.

Orang tipe ini juga bisa lebih menghargai keindahan gerhana, rasi bintang, hujan tau gejala alam lainnya melebihi tipe - tipe yang lain.


2) Sanguinicus (Sanguinisi
)“Yang Populer”

Yaitu tipe yang dimiliki seseorang yang memiliki banyak darah dalam tubuhnya. Orang yang memiliki sifat wajah yang berseri seri, periang, dan selalu bersikap optimistis.

Mereka ini cenderung ingin populer, ingin disenangi oleh orang lain. Hidupnya rame dan warna-warni. Mereka senang sekali bicara dan gejolak emosinya bergelombang serta transparan. 


Kelompok ini agak bersebrangan dengan tipe melankolis yang pemikir. Tipe sanguinis ini sedikit agak pelupa, sulit berkonsentrasi, cenderung berpikir `singkat’, dan hidupnya serba tak beratur.  Kemungkinan besar ia pun kurang mampu berdisiplin dengan waktu, sering lupa pada janji apalagi bikin planning/rencana. Namun kalau disuruh melakukan sesuatu, ia akan dengan cepat mengiyakannya dan terlihat sepertinya betul-betul hal itu akan ia lakukan. Dengan semangat sekali ia ingin buktikan bahwa ia bisa dan akan segera melakukannya. Tapi percayalah, beberapa hari kemudian ia tak lakukan apapun juga. :)


3) Flagmaticus (Flegmatisi). "
Cinta Damai”.

Yaitu tipe kepribadian yang dimiliki oleh orang orang yang memiliki banyak lendir dalam tubuhnya. 

Kalau kamu melihat ada "pembicara" dan kumpulan orang - orang yang tenang mendengarkan, maka yg berbicara itu orang sanguinis, dan yang tekun mendengarkan itulah orang plegmaits,

Orang yang memiliki tipe kpribadian ini memiliki sifat seperti lamban dan pemalas, wajahnya selalu pucat, pesimis, Kaum phlegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin. Cenderung diam, kalem, pembawaannya tenang dan sabar.


Kelompok ini tak suka terjadi konflik. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari solusi yang damai tanpa timbul pertengkaran. Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda. 

4) Cholericus (kolerisi)“Big Bos”

Tipe kepribadian yang dimiliki seseorag yang memiliki banyak empedu kuning dalam tubuhnya. Sifat yang dimiliki oleh seseorang dengan kepribadian ini sangat “goal oriented”,tegas, kuat, cepat dan tangkas mengerjakan sesuatu, suka `ngatur’ dan tak mau kalah. dan karena karakter itu, maka temannya lebih sedikit dibandingkan tipe yang lain.


Orang koleris senang dengan tantangan, suka petualangan. Mereka punya rasa, Baginya tak ada istilah tidak mungkin. Seorang wanita koleris, mau dan berani naik tebing, memanjat pohon, bertarung ataupun memimpin peperangan. Kalau ia sudah kobarkan semangat “ya pasti jadi…” maka hampir dapat dipastikan apa yang akan ia lakukan akan tercapai seperti yang ia katakan. Sebab ia tak mudah menyerah, tak mudah pula mengalah.
--- 
Masih banyak tipe karakter menurut ahli yang lain karena "manusia" begitu kompleks dan tidak mudah dipaparkan seperti kertas namun tipe - tipe ini yang paling familiar menurut saya. Jika rangkuman ini masih merasa kurang dipahami, bisa dengan mudah mencari penjelasan di buku Personality Plus karya Florence Litteur.

Tipe seperti apa anda?.. apapun itu tetap care dan coba pahami kepribadian orang lain, karena perbedaan itu indah :)

sumber :
Personality Plus, Florence Litteur

3 komentar:

  1. gimana kalo kepribadian yang campur-campur dari yg diatas? :))

    BalasHapus
  2. hai zanu.. apa kabar jogja?? --eeh bukannya orang nya yg ditanyain-- ,, pada dasarnya tiap orang punya empat karakter tersebut,,yg kamus ebut campur - campur,, hanya saja mana yg lebih dominan.. ada yg presentasinya tinggu ada juga yang 0, 0.... heheh... -soktahu.com

    BalasHapus
  3. plegmatisss...gue banget tuh ahihiyyy

    BalasHapus