Jumat, 27 November 2009

Kepakan Sayap-Sayap Florian (Ende)

       “ Mimi… Jamal… Assalamualaikum! Buka pintu donk!” Teriak Florian riang. 

       “ Walaikumsalam.. sabar bentar!” Sahut Mimi yang datang tergopoh-gopoh dengan perut buncitnya., “Wuits.. siapa nih pagi-pagi dah namu? Dekil banget lagi! Ke Semeru lagi Flo?” 

       “ yo a!” Jawab Florian yang langsung merebahkan dirinya di teras.
Mimi menatap sahabatnya lekat-lekat. Kepalanya dipenuhi banyak pertanyaan mengenai kelakuan Florian yang menurutnya sudah diambang batas logikanya. Dia begitu mengkhawatirkannya.

       “ Masya Allah, mo sampai kapan kamu terus begini Flo? menunggu sesuatu yang ngga jelas, abstrak? Cowo model begitu kok masih aja diharap, heran aku! Emang hati kamu terbuat dari apa sih bu? Engga sakit apa dia ngelakuin kamu kaya gitu? Udah tujuh tahun Flo! Belum tentu kaulnya dia ke semeru di tanggal itu kesampaian!” Omel Mimi

       “ Duh pagi-pagi udah ngomel-ngomel sih bu! Kasihan tuh dedenya, entar ketularan setress kayanya nyokapnya lagi.” Jawab Florian santai
Mendengar keributan di luar, Jamal segera keluar melerai.

        “ Ngomelnya entar dulu bun, suruh dia istirahat dulu.” Ujar Jamal. “ Istirahat di dalam gih Flo! Mandi dulu, terus makan… Mimi habis masak soto kesukaan kamu tuh. Dia udah ngeduga kamu bakal ke sini, seperti tahun-tahun sebelumnya.”

       “ Waduh.. thanks bru! kalian bedua mang sahabatku yang paling ok.” Jawab Flo riang yang langsung berlari ke dalam. 

Melihat keriangan Florian yang tidak seperti biasanya, keduanya bertatapan penuh tanda tanya.

       “ Ya Allah… Ada apa dengan nih anak ya? Ceria banget, ngga seperti sebelum-sebelumnya. Mudah-mudahan ada kabar baik!” harap Mimi. Perasaannya sedikit membaik melihat keriangan sahabatnya itu.

       “ Ngadepin dia jangan keras Bun! kamu kan tahu dia tuh ibarat keong, keras di luar doang, rapuh didalam. Lukanya bertahun-tahun masih belum sembuh juga.”

       “ Iya sih. Cuma aku khawatir banget mas! Udah tujuh tahun dia begini terus. Padahal orang yang dinantinya, didoainnya sepanjang waktu tak pernah tahu. Kalaupun tahu juga aku yakin dia tidak perduli.” Ujar Mimi berkaca-kaca.

       “ Allah itu Maha Tahu Bun! Dia itu mendengarkan doa hamba-hambanya. Kamu lihat dia riang sekali kan? Nanti kalau dia udah istirahat dan seger, baru deh kamu ngobrol baik-baik.”
Aku ingin menjadi setitik awan kecil di langit, bersama mentari… biar pun ku sendiri tapi aku masih ada, masih ada cinta di hati. Terdengar Florian bernyanyi riang di dalam kamar.

***

Di tatapnya langit-langit kamar. Beberapa tahun terakhir ini dia selalu mengunjungi tempat ini, rumah sahabatnya Mimi dan Jamal, sepulang pendakiannya ke Semeru. Hanya kepada merekalah dia bisa mengeluarkan segala keresahannya, walau dia tahu, mereka tidak selalu sejalan dengannya. Mereka yang terus berusaha membangkitkannya disaat dirinya terpuruk.

        “ Ya Allah… Kumohon selalu jaga hati mereka. Limpahi mereka dengan kasih sayangMu. Begitupun dengan Satrio ya Allah… jangan biarkan dia kembali ke dalam kegelapan. Selalu limpahi cinta di hati dia dan istrinya.” Doanya tulus

Perutnya sudah bernyanyi-nyanyi riang mendesaknya ke ruang makan, dimana Mimi dan Jamal sudah menunggunya.

        “ Wangi bener neh sotonya, yakin deh pasti rasanya maknyus.”

        “ Iya donk. Siapa dulu yang masak?” Sahut Mimi

        “ Iya deh… Koki hutan. Siapapun yang kenal Mimi, sang pendekar gunung pasti tahu juga kehebatan masakannya.” Puji Flo yang langsung menyantap Soto hangatnya.

Melihat Florian makan dengan lahapnya, Jamal dan Mimi bertanya-tanya dalam hati, apa yang terjadi dengan sabahat mereka itu. Sudah tujuh tahun mereka tidak melihat Florian seriang dan seceria ini. Matanya yang bundar terlihat bersinar-sinar karena senang.

        “ Bahagia bener neh yang baru turun gunung!” Sindir Jamal

        “ Ada cowo ganteng ya Flo?” Timpal Mimi

        “ Cowo ganteng? Engga tahu dehw, banyak sih cowo di sana, tapi engga ada yang istimewa ah tampangnya. Lagian boro-boro merhatiin mereka, bawa carrier aja rasanya kok makin berat aja. Faktor u kali ya?”

        “ Faktor u ya? Sadar juga ya sama si u? kirain udah ngga ngitungin lagi… bulan depan kamu ultah kan ya Flo?” Seloroh Jamal

        “ yaa.. mulai deh! Salah ngomong nih aku! Mang kenapa kalo aku bulan depan ultah?” Florian menatap Jamal.

        “ Engga kenapa-napa. Ngingetin doank, siapa tahu ada yang mo neraktir si dede.” Canda Jamal sambil ngelus-ngelus perut istrinya

Khawatir Florian kehilangan nafsu makannya, Mimi mencoba mengalihkan pembicaraan. 

         “ Perkiraan dokter, aku melahirkan bulan depan Flo. Sampai sekarang kita belum punya nama nih, ada ide ngga? Cewe Flo.”

         “ Kalo Nazihah gimana? Kalo ngga salah artinya yang terlindungi dan terjaga dari hal-hal yang buruk.”

        “ Entar dipanggilnya Nazi lagi sama teman-temannya. Duh serem banget tuh.” Canda Jamal

        “ yaaa… ada-ada aja deh mikirnya. Dibiasain dari kecil dipanggil Nazihah jangan disingkat-singkat. Jadi akan banyak orang yang ngedoain dia dengan memanggil namanya lengkap. Kalo engga suka ya udah, nanti aku cari yang lain. Tanggal berapa perkiraan dokter?“

        “ Bagus kok Flo, buat referensi dulu. Tanggal 15, tapi itu kan cuma prediksi aja. Semua sih sudah disiapin. Jadi mudah-mudahan lancar semua.” Sahut Mimi

        “ Wah senangnya… samaan donk ultahnya ma aku. Jangan-jangan kalian tuh ngefans ya sama aku, sampai buat anak aja direncanain lahirnya hahahahaha…”

        “ Yee geer aja kau! Justru itu yang bikin kita sedikit khawatir, nanti keras kepalanya, ngeselinnya dan nekadnya ngikutin juga lagi. Ugh…!” Jawab Jamal.
Begitu Florian selesai makan, dengan hati-hati Mimi melanjutkan kembali percakapan sebelumnya. Dia merasa sudah waktunya Florian berhenti memikirkan mantan kekasihnya yang menurutnya tidak tidak tahu bersyukur itu. 

        “ Udah lama nih ngga lihat tante Flo makan kaya tadi, coba kalo tiap hari kaya gitu, ngga cungkring lagi deh tante… Apalagi kalo udah pulang dari Semeru, biasanya nih tante cuma tiduran doang di kamar. Seneng deh ngelihat tante Flo kaya gini.” Canda Mimi

        “ Iya nih tante, cerita dong ada apaan?” Sambung Jamal

        “ Sang kodok kawin, udah ketemu betinanya.” Jawab Florian santai sembari menghirup kopinya dalam-dalam.

        “ Apaan Flo?” Tanya Mimi dan Jamal kompak

        “ iya… Kupu-Kupu itu udah ketemu bunganya, mudah-mudahan dia tidak akan pernah mencari bunga yang lain.” 

        “ Tadi kodok sekarang kupu-kupu, maksud kamu cowo dodol itu?” Tanya Jamal gusar

        “ Satrio Flo?” Tanya Mimi, “ Kamu beneran ketemu dia di sana?

        “ Yups! Kami bertemu di puncak Mahameru. Tepat tanggal 15 kemarin, seperti yang pernah dia katakan, kalo dia akan datang ke sana pada tanggal itu. Dan dia juga datang bersama istrinya.”

Melihat reaksi Florian yang justru terlihat bahagia, Mimi dan Jamal hanya saling pandang tak mengerti. Mereka tidak mengerti jalan pikiran Florian. Mereka tahu perjalanannya ke Semeru tujuh tahun ini untuk menantikan Satrio, lelaki yang telah mengkhianati dan sangat melukai hatinya. Suatu tindakan yang menurut mereka bodoh dan sia-sia. Tetapi mengapa dia bisa begitu bahagia ketika pria itu justru menikah.

        “ Kamu baik-baik aja Flo?” Tanya jamal bingung

        “ Ya tentu saja. Tidak pernah lebih baik dari ini!” Jawab Flo, “ Oh ya, istrinya manis banget loh… tenang ngga petakilan kaya aku, sepertinya sholehah. Bisa aja satrio dapat istri sebagus itu. jadi lega deh!”

Mimi menatap wajah florian dalam-dalam, mencoba mencari sesuatu yang mungkin Flo sembunyikan darinya, tapi dia tidak menemukan apa-apa. Wajah Florian terlihat tulus tidak dibuat-buat. Dia benar-benar terlihat bahagia.

        “ Ke teras aja yuks! Gerah nih.” Florian melangkah ke luar

        “ Sebenarnya apa sih yang kamu cari Flo?” Mimi mengikutinya di belakang.

        “ Maksud?”

        “ Tujuan kamu ke Semeru? Kenapa kamu begitu senangnya melihat Satrio dengan istrinya? Bukankah kamu menantikan dia?”

Florian menatap taman mini di depannya, “ Pohon cabe kalau buahnya sudah memerah begini, jadi indah di lihat ya?” ditarik nafasnya dalam-dalam.

        “ Kehilangan itu memang pedih Mi. tapi ternyata lebih pedih begitu melihat kekasih hati kita semakin terpuruk jatuh ke dalam lubang gelap tanpa dasar. Awalnya aku memang sakit hati, sakit luar biasa. Dunia berasa gelap dan menjauh. Bangunan yang sudah dibangun tiba-tiba rubuh di depan mata. Seperti anak kecil yang lagi asyik-asyiknya menikmati manisnya lollipop, tiba-tiba tuh lollipop jatuh ketanah. Nyeseeek banget!”

 Mereka terdiam sesaat, sibuk dengan pikirannya masing-masing.

        “ Seperti yang kau tahu, aku sempat merasa jatuh terpuruk. Naik turun gunung, menjelajahi hutan, nyelem dan berenang di pantai, tapi semua itu tak bisa kunikmati karena aku hanya berlari dan terus berlari dari rasa sakit. Sakit tak sembuh tapi justru kesehatanku menurun drastis, pekerjaanku hancur, emosi meningkat. Depresi terberat yang pernah kurasa. Aaah malu sekali rasanya kalau ku ingat itu semua.” Florian berjalan ke dapur.

Florian datang kembali dengan membawa satu teko kecil kopi panas. 

        “ Udah cukup Flo! Kasihan lambungmu. Maghmu sudah kronis. Emang kamu engga cape apa nembak-nembak melulu karena lambung kamu perih?”

        “ Pusing kalo ngga ngopi Mi.” Florian semakin kecanduan kopi semenjak insomnianya semakin parah. “ Lagian maghku kambuh tuh kalo aku depresi berat, kalo aku lagi seneng begini mah kopi ngga ngaruh.”

        “ Iya makanya kamu semakin sulit tidur, semakin banyak kopi.”

Florian memenuhi cangkirnya kembali dan melanjutkan ceritanya. “ Seperti yang kau tahulah Mi, aku sempat pindah ke Jogja, tapi tetap saja aku tak bisa tenang karena aku terus bermimpi tentang dia. Karena pada dasarnya penyakitku ada di hati, kemanapun aku lari sembunyi jika aku tak ngobatin ya akan terus sakit. Pada saat itu aku sulit menerima kelakuan dia. Rasa marah, kekecewaan, sakit hati dan cinta itu becampur baur, tetapi tak bisa aku keluarkan sehingga rasanya menyiksa banget. Namun pada suatu siang ketika aku berjalan-jalan ke simpang lima Semarang, ketika sedang menikmati sego pecel, tiba –tiba ada keributan karena ada remaja mengamuk dan marah-marah akibat minuman keras. Semua orang mengutuk anak itu, mencaci maki dan segala doa keburukan terucapkan. Namun ibu penjual sego itu malah berdoa supaya Allah selalu melindungi anak itu.” Florian menelan ludah. 

       “ Kemudian ibu itu menjelaskan kepadaku tentang kekuatan doa. Allah itu maha pendengar doa dari hamba-hambanya. Setiap ucapan kasar, sumpah serapah bisa jadi dikabulkan oleh Allah. Kalau semua ucapan kasar yang tadi kami dengar dikabulkan, bagaimana dengan nasib anak itu. Padahal kita tidak tahu apa yang terjadi dan menyebabkan anak itu berperilaku seperti itu. Bisa jadi dunia itu terlalu keras untuknya sehingga dia pun terbentuk menjadi keras. Atau mungkin saja banyak kemalangan hidup yang membuatnya ingin berlari sehingga dia melarikan diri dalam minuman. Dan banyak alasan lain yang ibu itu ungkapkan kepadaku. Pada intinya menurut si ibu, tidak semua orang mendapatkan keberuntungan dan kemudahan dalam hidup, tidak semua orang mendapatkan hidayah dan petunjuk dari Allah. Oleh karena itu kita yang merasa diri kita itu orang baik, orang bermoral dan orang beragama mengapa justru mencaci mereka yang sedang salah arah itu. Doakanlah mereka supaya diberi petunjuk oleh Allah. Semakin banyak yang mendoakan kebaikan, maka akan ada kebaikan untuk anak tadi. Semakin banyak yang menjadi baik, semakin berkurang pula yang meresahkan masyarakat bukan.” Florian menatap cangkir kopinya yang sudah kosong lagi.

       “ Hubungan dengan Satrio? Mengapa harus Mahameru? Mengapa harus setiap tanggal 15 Oktober?” Mimi menggaruk kepalanya yang tidak berasa gatal.

       “ Sepanjang perjalanan balik ke Jogja aku terus memikirkan kata-kata ibu itu kepadaku. Apa iya doa bisa merubah orang, apa pria seberengsek Satrio bisa berubah…” Florian menarik napasnya dalam-dalam.

       “ Malamnya aku bermimpi lagi, wajahnya gelap banget dan air matanya menetes. Aku tanya dia tidak menjawab. Melihat dia seperti itu, semua kemarahanku menguap. Ternyata aku tidak bisa melihat dia bersedih seperti itu. Walaupun dia begitu jahatnya, tetapi aku masih begitu menyayanginya. Aku benar-benar berharap dia berubah.”

       “ Kamu masih menginginkan dia?” Jamal datang membawakan donat coklat kegemarannya.

Florian diam menatap mawar putih yang mulai bermekaran. Beberapa tahun lalu dia yang membawakan bibit dan menanamnya sendiri di sana sebagai hadiah pernikahan Mimi dan Jamal. Dia dan Mimi merupakan penggemar Mawar putih.

       “ Aaah… Selama dia bersamaku dia tidak berubah. Jadi memang aku bukan yang terbaik untuk dia. Aku menginginkan dia mendapat yang lebih baik dari aku.” Mata Florian berkaca-kaca

       “ Aku terus berdoa untuk dia, supaya dia ketemu bidadari di bumi. Wanita yang tidak hanya cantik rupanya tetapi cantik hatinya. Wanita yang bisa mengarahkan dia ke arah yang benar. Demi Allah, aku benar-benar berharap Allah selalu melimpahkan hidayah padanya. Aku tidak ingin ada wanita lain yang menangis dan bermimpi buruk terus karena dia. Aku tidak ingin bertambah sumpah serapah untuknya.”

       “ Mahameru? 15 Oktober?” tanya Jamal.

       “ Hmm… aku menantinya di sana. Aku bodoh ya?” Florian memeluk ledua kakinya.

       “ loh katanya kamu engga ingin dia lagi?” tanya Mimi heran

        “ Aku berharap bisa berjumpa dengan dia dan bidadarinya di sana.”
Jamal dan Mimi menggelengkan kepala tidak mengerti.

        “ Dulu banget Satrio pernah mengatakan kepadaku, jika dia hanya ingin ke Semeru bila dia sudah menikah. Dia ingin merayakan ulang tahunnya di sana bersama istrinya. Jadi mungkin jika doaku dikabukan, dia bertemu wanita yang bisa meluluhkan hatinya dan mereka menikah, dia akan melaksanakan niatnya. Berbulan madu di Semeru.” Florian tersenyum

        “ Astaghfirullah Flo…!” Mimi memegangi kepalanya yang berasa berat.

        “ Aku bertemu mereka di sana. Doaku terkabul Mi. Tujuh tahun penantianku, Allah mengabulkannya. Hmm.. aku benar-benar menyukai angka tujuh.”

        “ Ya ampun Flo… aku ngga ngerti jalan pikiran kamu. Aku setuju dan mengerti prinsip tentang doa yang kamu jelaskan tadi. Aku setuju karena ketika kita mendoakan kebaikan untuk orang lain, Allah akan memberikan kebaikan untuk kita juga. Tapi... engga perlu harus segitunya Flo! Menanti bertahun-tahun hanya untuk melihat dia menikah. Apalagi hingga menanti di puncak Mahameru. Menanti dalam kesendirian, menanti sesuatu yang masih abstrak. Melihat mereka berdua, melihat dia sudah bahagia sedangkan kamu masih sendiri menunggu, apa kamu tidak sakit?” Mimi terharu memandang wajah sahabatnya.

Florian tersenyum cerah, “ aku bahagia. Sangat bahagia hingga rasanya berasa ringan sekali tubuh ini.”

        “ Kamu engga ngerasa ngebuang-buang waktu Flo?” Tanya Jamal

        “ Engga! Jika harus menunggu hingga sepuluh tahun pun aku rela, jika doaku benar-benar dikabul seperti ini. Jika rasa bahagianya seperti ini. Jika melihat senyumannya sudah beda. Sekarang dia terlihat jauh lebih tenang dan dewasa loh Mi! lebih ganteng hehehe” Florian asyik menikmati donat coklatnya tanpa memperdulikan ekspresi heran Mimi dan Jamal.

        “ Aku tetap engga ngerti Flo… aku engga ngeri jalan pikiran kamu. Apa itu cinta, obsesi atau kebodohan… yang jelas aku senang melihat kamu bahagia. Aku berharap kamu mulai memikirkan kamu sendiri, masa depan kamu, memikirkan harapan orang tua kamu! Waktu terus berlalu tanpa kita sadari Flo.. tanpa sadar kita sudah menjadi jompo dan rapuh. Jangan kamu sesali ketika semua menjadi sangat sepi dan menyedihkan karena kita tidak punya orang-orang tercinta yang menemani kita di sat itu.” Mimi terus menatap wajah sahabatnya, berharap dia bisa menemukan wajah lugu sahabatnya seperti tujuh tahun lalu.

Florian hanya terdiam mematung, memikirkan perkataan sahabatnya. Dahulu dia yang begitu semangat merencanakan masa tuanya. Dia yang begitu menginginkan mempunyai keluarga besar, keluarga yang dipenuhi canda tawa dan kenakalan anak-anak. Kini semuanya sudah berubah. Dia tidak lagi ingin memipikan itu semua. Mimpi-mimpi itu hanya membuatnya sakit. 

        “ Ya… kita lihat aja nanti. Biarkan waktu memainkan perannya! Yang jelas kini aku sudah berasa lega, doa-doaku, harapan-harapanku untuk dia sudah terjawab. Aku bahagia, bahagia dan bahagia melihat dia yang sekarang. Sudah ah… aku letih sekali. Membicarakan ini selalu menguras energiku. Aku ingin tidur.” Florian bergegas ke kamar. “ Aku numpang tinggal sampai besok ya!”

Mimi menyandarkan tubuhnya ke dada suaminya. Dia turut merasakan kelelahan yang dirasakan Florian. Dahulu dia pun pernah merasakan luka hati yang sangat parah, hingga dia terus berlari dan berlari hingga semakin tersesat dan hilang arah. Di saat itulah dia bertemu teman-teman yang mengenalkannya pada satu cinta yang lain, cinta pada alam, yang mengantarkannya pada satu cinta sejati, cinta pada sang Khalik. 

        “ Satrio itu seperti apa sih bun? Kok bisa Florian sampai segitunya?”

       “ Aku juga heran. Tidak ada yang istimewa dari dirinya. Dia hanya manusia yang tidak puas dan lupa bersyukur atas apa yang dia punya.”

        “ Iya ya… ketika banyak orang yang mempertanyakan dan meragukan leberadaan cinta sejati, dia justru melepasnya, menyia-nyiakan. Bodoh sekali ya bun… andai dia tahu, jika ada seseorang yang terus mendoakan kebaikan dan kebahagian untuk dia, bagaimana ya perasaannya?”

        “ Harusnya bersyukur, tidak semua orang seberuntung itu. Apalagi yang mendoakan dia itu salah satu yang pernah dia sakiti hatinya. Ya sudahlah mas, toh dia sudah menikah. Mudah-mudahan dia benar-benar sudah berubah seperti yang Flo certain barusan. Ngomong-ngomong, nama yang Flo kasih tadi bagus juga ya mas.”

        “ Nazihah. Terlindungi dari hal-hal yang buruk. Amin…” Mengelus-elus perut buncit istrinya.

***

Dipandangi wajah di hadapannya. Begitu tirus dan tampak rapuh. Dia tidak begitu mengenalinya andai saja tidak ada ada bulu halus di bawah hidungnya, dan alis tebalnya yang tidak pernah berubah.

        “ Masya Allah… sudah lama sekali aku tidak bercermin. Pantas saja banyak yang bilang aku berubah, aku sendiri pun tidak begitu paham siapa diriku yang sekarang.”

Ditelusuri wajahnya lebih dalam. Tidak ada lagi pipi tembem dan mata yang menyala ceria, yang membuatnya selalu tampak seperti anak kecil. Pipinya begitu tirus, matanya sayu dan dikelilingi lingkaran hitam karena kurang tidur bertahun-tahun. Kulitnya gelap karena sering terbakar matahari. Rambutnya tumbuh liar dan berantakan, andai tidak tertutup kerudungnya pasti akan membuat siapapun lari.

       “ Flo… Flo… Ya Allah ampuni gadis ini.” Gumam Florian.

Florian melebarkan kedua tangannya seperti siap terbang. Dihempaskan tubuhnya ke atas tempat tidurnya.

        “ Ya Allah… izinkan aku mengepakkan sayapku bebas kemanapun aku ingin, tapi jangan biarkan aku tersesat dalam gelap dan kebodohan. Jangan biarkan aku menjadi pelari, tapi tolong bimbing aku untuk menjadi pendaki yang tangguh, yang sanggup melewati seterjal apapun medan yang kulalui. Ya Allah… aku ikhlas… aku ikhlas… aku iklaskan dia. Tolong sayangi, jaga dan lindungilah dia selalu.”

Mesin Penenun Hujan dari Frau mengalun merdu dari Samsungnya.

       “ Assalamualaikum sayang!” suara lembut menyapanya.

       “ Walaikumsalam Ma.”

        “ Kamu ke mana aja sih? Pergi lama kok ngga bilang sama Ma? Kami khawatir sama kamu nak! Maaf jika Mama terlalu keras sama kamu ya!”
Mendengar suara lembut ibunya, Florian menahan dirinya untuk tidak menangis. Selama ini dia sibuk dengan perasaannya sendiri tanpa memperdulikan keluarganya. Dia terpuruk dalam lukanya sendiri hingga dia tidak menyadari jika dia justru mengukir luka di hati ibu dan ayahnya.

        “ Maafin aku ya Ma! Maafin untuk semuanya. Aku ada di rumah Mimi, besok baru pulang. Aku sayang Ma dan Bapak. Maafin aku ya Ma.” Bulir-bulir meluncur di pipinya.

        “ Kami juga sayang kamu Flo.Ya udah hati-hati. Salam sama Mimi dan Jamal ya. Assalamualaikum.”

        “ Walaikumsalam.”

Florian tertidur pulas tanpa mimpi-mimpi yang selama ini selalu menemaninya. Dia tertidur dengan tersenyum damai.
***

        “ Assalamualaikum!” Sapa Florian riang. “ Sehat semuanya kan?”

        “ Walaikumsalam Mba! Sehat Alhamdulillah.” Jawab karyawan butiknya yang terkejut dengan keriangannya.

        “ Bagaimana penjualan kita seminggu ini Uni?” 

        “ Alhamdulillah ramai Flo. Jilbab rancangan kamu yang terbaru, yang bernuansa bunga sakura itu laris manis, sampai keteteran juga terima pesanan. Apalagi setelah kita terima pesanan via on line.”

        “ Alhamdulillah. Tapi setiap unitnya jangan dibuat banyak ya Ni! Dibuat terbatas biar engga pasaran dan tetap unik.”

         “ Ok! Kemarin Ika dari cabang Bogor telephon, katanya ada customer yang ingin ketemu kamu langsung, minta dibuatin seragam keluarga besarnya. Saya coba handle tapi katanya dia mau nunggu kamu pulang.”

        “ Ya udah dibuatin janji saja! Uni ada janji tidak hari ini?’

        “ Tidak. Kenapa?

        “ Nyalon yuks nanti sore!’

        “ Apa? Tidak salah denger saya?” Terkejut Jingga 

        “ Tidak… temani aku berseneng-senang ala perempuan ya!. Nyalon, nonton, makan.”

        “ hahahaha… ada-ada aja kamu. Baru nyadar kalau kamu perempuan? Tapi saya engga mau kalau kamu bonceng, bisa jantungan saya. Perempuan kok naik motor kaya kesetanan gitu! Lagipula tumben-tumbenan pulang dari gunung ceria bener, ehem ehem… ada apa ya…?”

        “ Iya deh… Kita naik taxi aja. Sekali-kali mah engga apa-apa kan.. oh ya! Mulai ajarin si Tina untuk handle butik! Kemarin saya sudai survey ke Cikarang, di sana masih jarang butik muslimah. Jadi kalau dia sudah siap dia yang akan pegang cabang di sana. Saya ke dalam dulu ya Uni. Banyak ide muncul waktu di kerete kemarin, tapi sayangnya engga bawa kertas. Mudah-mudahan masih bisa dikeluarin. Jadi kalo engga terlalu penting, jangan ada yang hubungi saya dulu ya Uni! Thanks!” Florian segera menuju ruang kerjanya.

        “ Ok! Tapi jangan lupa makan siang and sholatnya ya de..”

        “ Sip!”

Florian menatap seisi ruang kerjanya. Semua ornament di dalamnya bernuansa hitam dan ungu. 

         “ hmm… kenapa semua jadi terlihat suram ya? Sepertinya aku butuh perubahan suasana. Warna tembok dan tata letaknya harus di ubah nih!”

Florian pun langsung sibuk menuangkan ide-idenya di atas kertas gambarnya. Telephon di atas mejanya berbunyi membuyarkan konsentrasinya.

        “ Ya Uni?

        “ Pak Banyu, customer kita yang dari Bogor itu sedang ada di Jakarta hari ini. Jadi dia ingin bertemu kamu malam ini? Bagaimana?”

        “ Malam ini? Besok siang aja gimana? Pengin ngerileksin badan nih…!”

        “ Itu bisa ditunda besok Flo... Pak Banyu cuma punya waktu hari ini, besok dia mau ke Makasar katanya.”

        “ Ok deh! Mau ketemu di mana? Lelaki ya? Kupikir perempuan. Kalau gitu Uni pergi denganku ya!”

        “ Ok! Di Setiabudi pukul tujuh. Jangan lupa makan siang dulu de, sudah siang nih.”

        “ Ok. Thanks.

***

Setengah tujuh malam Florian dan Jingga meluncur menuju Setiabudi dengan scorpionya. Sesekali Jingga mencubit pinggang Florian apabila gadis itu mengemudi terlalu cepat.

        “ Aduh de… jangan ngebut-ngebut kenapa sih! Sebentar lagi juga sampai.”

        “ Iya… iya. Sakit tahu!”

Jantung Florian berdebar-debar kencang tidak seperti biasanya. Dari siang tadi, Florian mencoba mengingat-ingat nama Banyu. Nama itu seperti tidak asing baginya, tapi dia tidak jua dapat mengingatnya.

        “ Ah… mungkin hanya perasaanku saja.” Gumam Florian

        “ Apaan de?”

        “ Engga… tiba-tiba perasaanku kok engga karuan ya Ni. Waktu ngadepin client pertama saja engga begini. Nama Banyu itu seperti pernah kudengar, tetapi aku lupa siapa. Kira-kira orangnya seperti apa ya Ni?”

        “ Aku juga engga tahu de. Aku cuma ngobrol lewat telephon. Mungkin kebetulan saja namanya sama dengan kenalan kamu.”

Tepat pukul tujuh malam Florian tiba di café yang dituju. Tampak seseorang sudah berada di meja yang sudah di pesannya. Jantung Florian semakin berdebar kencang.

         “ Assalamualaikum.”

        ” Walaikumsalam Florian.” Pria itu menoleh

Florian terduduk lemas di kursinya menatap pria yang tersenyum manis itu. Pria itu ternyata Banyu, teman dari Sendi, pria yang dikenalnya di kereta ketika Florian berangkat menuju Semeru. Pria itu juga yang membangunkannya ketika Florian tertidur di puncak Mahameru, dan yang memberinya sapu tangan untuk menghapus air matanya. 

Ruangan café yang biasanya membuat Florian jengah kini terlihat begitu indah dan elegant. Florian merasakan dunianya kembali indah dan berwarna. Florian siap mengepakkan sayap-sayapnya untuk terbang kembali menatap indahnya dunia.

Tamat.

3 komentar:

  1. Mantep bu...."bilangin si Flo..bikin kupinye biar rade kentelan.."

    BalasHapus
  2. kembangin lagi yah frau. manteb nih masih deg deg an hehe :) selphine

    BalasHapus