Minggu, 11 Juni 2017

NHW#4 --- MENDIDIK DENGANKEKUATAN FITRAH

Alhamdulillah masuk pekan ke 4 materi di perkuliahan dI IIP ini semakin mengajarkan saya menjadi pribadi yang lebih baik lagi terutama menjadi istri dan ibu serta kebermanfaatannya.

NHW kali ini kami diminta melihat ke belakang, melihat kembali catatan-catatan NHW terdahulu untuk merenungi, mengkoreksi dan memantapkan visi, misi dan keberlangsungan saya di keluarga dan masyarakat, sebagai tonggak peradaban pertama agar bisa menjadi madrasah buat jundi jundi kecil kami.
Bismillahirrahmaanirrahim….. inilah NHW 4


A. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1, apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

“Managemen Emosi” merupakan jurusan yang saya minati untuk saya tekunin dan masih bersemangat untuk bisa saya kuasai mengingat masih buruknya pengendalian diri saya. Namun setelah mendapat dibarengi pencerahan dari materi - materi IIP, maka saya ingin padukan dengan jurusan ilmu PARENTING. Menjadi orang tua yang baik perlu ada ilmunya,apalagi sebagai madrasah utama, ibu harus menjadi pandai dan bijak. Sebagai tonggak peradaban,ibu harus bisa mendidik anak dengan kekuatan fitrah.


B. Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

♥ saya masih belum konsisten mengisi checlist harian saya, tapi insya Allah saya akan terus mengisinya, melatih diri saya untuk lebih baik.


C. Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

♥ Insya Allah sudah ada gambaran. Pada dasarnya selain untuk beribadah, manusia diharapkan bisa bermanfaat untuk orang lain. Selain menjadi istri dan ibu yang berperan besar buat anak dan suami, saya ingin bisa punya peranan besar untuk lingkungan.

Bertahun - tahun saya pernah menjadi guru, kuliah pendidikan dan ambil magister pendidikan, jadi bidang yang akan kuasai dan fokuskan yaitu pendidikan anak.

♢ Misi Hidup : bermanfaat buat pendidikan anak - anak sekitar
♢ Bidang : meningkatkan kreativitas anak dan kecintaann membaca sejak dini
♢ Peran : Guru dan Inspirator


D. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

♥ Untuk menjalankan misi hidup tersebut, tahapan ilmu yang harus saya kuasai, yaitu
  • Psikologi perkembangan
  • Ilmu agama
  • Ilmu Parenting

E. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

KM 0 – KM 1 : satu tahun pertama belajar ilmu agama yang lebih mendalam
KM 1 – KM 2 : tahun kedua menguasai ilmu pengasuhan dan pendidikan anak yang diinteraksikan ilmu agama
KM 2 – KM 3 : tahun ketiga berhasil merengkuh orang tua di lingkungan sekitar untuk ikut serta aktiv.

F. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Karena dalam waktu dekat akan bersalin, saya masih belum fokus dalam menentukan waktu secara pasti untuk star belajar. Tapi insya Allah sebulan ke depan akan saya perbaiki dan buat target terukurnya/🙈

G. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

Bismillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar